PERNYATAAN SIKAP ALIANSI MAHASISWA PEDULI AKREDITAS (AMPA) POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

bem_polinela_pernyataan_sikap

 

BEM Polinela - Minggu (02/08/2017)Pernyataan Sikap Aliansi Peduli Akreditas (AMPA) Politeknik Negeri Lampung

Hidup Mahasiswa !!

Hidup Rakyat Indonesia !!!

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (Pendidikan Tinggi) oleh pihak diluar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

 Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah akreditasi sangat penting untuk menjamin sebuah mutu pendidikan dan merupakan tolak ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Salah satu pernyataan terkait kualitas Politeknik negeri lampung telah menarik perhatian publik. Pada tahun 2015 Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menerbitkan Surat Keputusan Mengenai Klasifikasi dan Peringkat. Di dalamnya, terdapat penilaian mengenai komponen-komponen yang berhubungan dengan mutu perguruan tinggi di Indonesia, dan Politeknik negeri lampung berada di peringkat 295 dari 3244 perguruan tinggi di Indonesia. Dan pada tahun 2015 juga BAN-PT mengeluarkan Surat Keputusan No. 1139/SK/BAN-PT/Akred/XI/2015 dari hasil pengajuan akreditasi perguruan tinggi Politeknik Negeri Lampung dengan hasil C yang berlaku sampai dengan tahun 2020. Angka dan hasil tersebut terbilang mengejutkan karena menunjukkan penurunan kualitas kampus Politeknik Negeri Lampung dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Maka dari itu, kami atas nama Aliansi Mahasiswa Peduli Akreditas (AMPA) menyatakan sikap kepada direktur terpilih POLINELA periode 2017-2022, untuk :

1.Meningkatkan akreditasi kampus Politeknik Negeri Lampung dalam kurun waktu 2 tahun.

2.Memberikan dukungan terhadap semua kegiatan kemahasiswaan yang dapat menjadi unsur peningkatan akreditasi.

3.Mendukung penambahan program studi yang di imbangi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM (dosen) Politeknik Negeri Lampung serta fasilitas sarana maupun prasana kegiatan praktikum di laboratorium.

4.Menghentikan dan menolak semua kegiatan yang jauh dari upaya peningkatan akreditas yang bersifat ceremony dan pemborosan anggaran.

5.Merevitalisasi sistem akademik dan sistem informasi untuk membentuk reformasi birokrasi yang transparan.

Ini adalah salah satu bentuk perhatian dan kepedulian kami sebagai mahasiswa terhadap kampus, sebuah iktikad dan niat baik dari mahasiswa dalam hal mengingatkan pimpinan tertinggi kami di kampus, tidak ada sedikitpun niat kami untuk menyinggung hati para pemimpin perguruan tinggi. Kami atas nama seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa peduli akreditas mengharapkan kepada direktur terpilih untuk menjadikan akreditas kampus sebagai prioritas utama dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi. Pernyataan ini juga sebagai bentuk pengawalan kami dan harus menjadi bagian dari janji direktur terpilih yang akan menjalankan roda kepemimpinan kampus yang akan datang  

Sekian atas perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

Bandarlampung, 2 Agustus 2017

Ttd. Ketua Aliansi Mahasiswa 

Peduli Akreditas (AMPA)

 

 

 

 

Muhammad Fadhilla Perdana